Pantai Kuta

Pantai Kuta terletak di Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, tepatnya kawasan pesisir Selatan, sekitar 12 Km dari Denpasar, dan akses dari bandara sangat dekat, kawasan ini memiliki sarana penunjang pariwisata terlenkap di Bali. Keindahan pantai yang disuguhkan menjadi ikon pariwisata Bali, bisa dikatakan menjadi pantai paling top di pulau ini dan menjadi destinasi pariwisata paling favorit.

Garis pantai di Kuta Bali memiliki betangan sejauh 5 kilometer dan dapat dikatakan garis pantai terbaik di pulau Bali karena jika anda telusuri bibir pantai Kuta ke arah utara lagi maka anda akan ketemu dengan Pantai Legian dengan hamparan garis pantai sangat landai dan juga memiliki bentangan pasir pantai yang sangat panjang terbentang dari sisi utara hingga sampai ke sisi selatan Pantai Seminyak

Baik pantai Kuta atau pantai Legian mempunyai karakter sama, berpasir putih & berombak besar.

Aktivitas wisatawan saat liburan ke pantai ini, sebagian besar berjemur di tepi pantai dan berenang. Karena pantai Kuta Bali, memiliki pasir putih dengan ombaknya yang panjang dan besar. Jadi sangat cocok untuk lokasi aktivitas berselancar. Oleh karena itu, banyak peselancar dari belahan dunia memilih pantai Kuta Bali, sebagai lokasi Surfing terbaik di Bali.

Bagi peselancar pemula, tidak perlu khawatir untuk membawa papan selancar jika ingin berselancar di Kuta. Disepanjang garis pantai banyak disewakan papan surfing dengan harga yang bervariasi, tergantung besar dan kualitas bahannya. Jika anda ingin belajar selancar juga tersedia di pantai ini. Anda akan ditemani pemandu selancar yang sudah berpengalaman dan selalu siap membantu anda memecah ombak pantai.

Pada sore harinya menjadi moment indah untuk melihat sensasi matahari tenggelam (Sunset).

Pantai Dreamland

Lokasi Dreamland Bali terletak di desa Pecatu, kabupaten Badung, Kuta Selatan, satu jalur menuju objek wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK) & juga satu jalur menuju pura Uluwatu.

Pantai Dreamland Bali, aksesnya harus melalui pintu masuk kawasan Bali Pecatu Graha (BPG) atau sekarang disebut dengan kawasan Pecatu Indah Resort di mana kawasan BPG terbentang di atas tanah seluas 900 hektar

Pantai Dreamland seperti halya pantai Kuta jauh bisa dikatakan lebih bersih dari pada pantai Kuta. Pengunjung pantai Dreamland Bali, lebih banyak wisatawan asing dari pada wisatawan Indonesia. Hal ini karena ombak pantai cukup besar, sangat cocok buat penyuka olahraga berselancar.

Selain itu, pantai Dreamland sendiri hampir mirip dengan pantai Kuta. Pasir putih dan celah karang yang terjal menjadi pemandangan yang begitu memikat mata untuk dipandang.
Lokasi berpasir putih bersih di pantai sempit tepat di bawah dinding karang curam cocok untuk menikmati matahari tenggelam atau sekadar menyaksikan atraksi para peselancar. Ombaknya yang tinggi dan besar banyak diminati oleh para penggemar olahraga selancar air (surfing), bahkan Dreamland sudah dijadikan semacam surfing spot baru untuk kawasan Bali.

Di dalam kawasan ini (BPG) anda & keluarga juga dapat berwisata air di New Kuta Green Park (mirip seperti Waterbom di Kuta), dari pantai Dreamland Bali, jaraknya hanya berjarak 1.4 kilomter di dalam satu kawasan.

Pantai Pandawa (Secret Beach)

Dahulu di kalanagan wisatawan mancanegara khususnya pantai Dreamland ini dikenal dengan nama Secret Beach (Pantai tersembunyi) dan lebih terkenal dikalangan Sedangkan masyarakat lokal lebih mengenal dengan nama pantai Kutuh yang dahulu diberdayakan masarakat setempat untuk mengelola budi daya rumput laut. Pantai Pandawa, salah satu pantai pasir putih yang saat ini terkenal di Bali yang wajib dikunjungi.

Lokasi Pantai Pandawa terletak di Desa Kutuh, Kabupaten Badung Kuta Selatan Bali

Pemandangan pertama yang akan anda dapatkan begitu mencapai pantai pandawa adalah pemandangan tebing menuju ke laut yang dikelilingi bukit kapur tinggi menjulang tertata rapi serta patung para Panca Pandawa. Di beberapa sudut dalam dinding kapur pantai pandawa terdapat lima patung para Pandawa yang tingginya masing-masing 5 meter dengan lebar 2,5 meter sebagai simbol penguat tentang pantai ini.

Pantai Pandawa memiliki karakter berpasir putih, ombaknya di pinggir relatif tenang dan aman untuk berenang atau hanya sekedar bermain air. Selain melakukan aktivitas berenang, di pantai ini juga tersedia jasa sewa kano untuk rekreasi air dengan harga yang sangat terjangkau.

Pantai Nusa Dua

Nusa Dua Bali salah satu tempat wisata di pulau Bali, yang lokasinya berada di Bukit Peninsula, bagian ujung tenggara pulau Bali. Terbentang dari semenanjung Tanjung Benoa, sampai ke area timur bukit Sawangan. Sedangkan kawasan pariwisata Nusa Dua adalah sebuah wilayah kawasan pariwisata yang lebih terkenal dengan nama ITDC Nusa Dua, dahulu dikenal dengan nama BTDC

Kawasan pariwisata Nusa Dua, salah satu kawasan pariwisata kelas mewah yang ada di pulau Bali dan sangat terkenal ke mancanegara. Berbagai event-event besar kenegaraan yang mendatangkan tamu dari berbagai negara, selalu diselenggarakan di kawasan pariwisata Nusa Dua Bali.

Sebagian besar hotel di kawasan pariwisata Nusa Dua Bali adalah hotel mewah bintang lima. Selain hotel mewah, di kawasan pariwisata Nusa Dua juga terdapat fasilitas pendukung yang lain seperti:
- Lapangan golf yang paling terkenal di Bali, Bali National Golf Club.
- Tersedia pusat perbelanjaan Bali Collection Nusa Dua.
- Nusa Dua theater, lokasi pertunjukan Devdan Show.
- Tersedia rumah sakit International, BIMC hospital Nusa Dua.

3 Pantai di 1 Lokasi

Di kawasan Nusa Dua Bali terdapat tiga pantai yang bisa kita kunjungi dalam waktu satu hari karena memang jaraknya antara satu pantai dengan yang lain berdekatan yaitu, pantai Nusa Dua, pantai Geger dan Pantai Water Blow.

Tanjung Benoa (Water Sport)

Pantai Tanjung Benoa, terletak di paling ujung tenggara pulau Bali dan berdekatan dengan objek wisata Nusa Dua. Jika anda berangkat dari airport Ngurah Rai menuju Tanjung Benoa, anda akan menempuh jarak 15,7 kilometer. Dengan perkiraan waktu tempuh kurang lebih 30 menit.

Pantai Tanjung Benoa merupakan pusat tempat wisata aktivitas olah raga air (water sport) di Bali, karena pantai Tanjung Benoa memiliki gelombang air laut yang tenang dan sangat aman.

Aktivitas water sports Tanjung Benoa dilakukan mulai dari pukul 09:00 – 15:00, karena setelah jam 15:00 maka air laut akan surut dan speed boat yang digunakan untuk aktivitas olahraga air tidak beroperasi secara optimal.

Keselamatan dalam melakukan aktivitas watersport Tanjung Benoa Bali sangat diutamakan dengan cara menyediakan instruktur yang terlatih dan berpengalaman serta alat-alat yang digunakan juga harus memenuhi standar keamanan. Jaminan asuransi kecelakaan juga disediakan bagi konsumen.

Penyedia jasa layanan watersport Tanjung Benoa, menyediakan berbagai macam aktivitas water sport seperti: Banana Boat, Flying Fish, Jet Ski, Single Parasailing, Rolling Donut, Pulau Penyu Glass Bottom Boat, Water Ski, dll..baca lebih lengkapnya di hal water sport

Pantai Jimbaran & Wisata Kuliner

Seperti halya pantai-pantai berpasir putih di Bali, pantai Jimbaran memiliki karakter yang sama dengan pemandangan laut menghadap barat sehingga anda bisa menikmati pemandangan matahari terbenam (sunset)

Pantai Jimbaran, yang berada di wilayah Kabupaten Badung. Sekitar 30 menit dari kota Denpasar dan 10 menit dari bandara Ngurah Rai, melalui jalan By Pass Ngurah Rai ke arah selatan jika tidak terjadi kemacetan.

Daya tarik pantai Jimbaran yaitu wisata kulinernya yang terkenal. Di seputaran pantai banyak restauran/cafe-cafe yang menawarkan nikmatnya hidangan laut dengan bermacam – macam olahan. Seperti ikan bakar, cumi – cumi, kerang bakar, lobster, udang, dll. Anda dapat menentukan sendiri seberapa banyak hidangan laut yang diinginkan, karena sebelum dihidangkan hidangan laut seperti ikan, cumi, kerang, dll akan ditimbang terlebih dahulu untuk menentukan harganya. Anda dapat menikmati keindahan laut di suasana matahari terbenam atau pada malam hari. Pada siang hari cafe-cafe di pantai Jimbaran juga tetap buka untuk menjamu wisatawan yang berkunjung.

Atraksi wisata air tidak ditawarkan di pantai ini, karena adanya larangan aktivitas water sport yang menggunakan mesin di tempat wisata Jimbaran Bali.

Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Tempat wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK) atau sekarang lebih dikenal dengan GWK Cultural Park adalah sebuah taman budaya yang memiliki luas 240 hektar. Alamat atau lokasi dari GWK Bali berada di Jalan Raya Uluwatu, Desa Bukit Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Dari Airport Ngurah Rai, menuju lokasi dari tempat wisata di Bali GWK, hanya membutuhkan waktu 15 – 20 menit.

Pembangunan tempat wisata di Bali GWK, di prakarsai oleh Yayasan Garuda Wisnu Kencana pada tahun 1992. Pembangunan Garuda Wisnu Kencana Bali dengan tujuan menjadikan tempat wisata GWK Bali Landmark dari tempat wisata budaya yang terkenal ke mancanegara. Salah satu pendiri dari Yayasan Garuda Wisnu Kencana adalah I Nyoman Nuarta yang juga konseptor dan arsitek patung Garuda Wisnu Kencana.

Dengan patung Garuda dan Wisnu sebagai objek utama, yang memiliki tinggi jika sudah rampung diperkirakan patung GWK memiliki tinggi sekitar 120 meter dengan bentang sayap Garuda sekitar 60 meter yang akan menjadikannya sebagai patung tertinggi dan terbesar di dunia.

Adapun beberapa fasilitas penunjang lainnya seperti shopping centre, Amphitheater, Street Theater, Taman yang indah untuk bersantai, Restaurant, Galery Seni serta Toko Cendramata. Pada jam-jam tertentu berkunjung anda akan disuguhkan oleh berbagai pertunjukan seni tari dan musik khas Bali, seperti tari Barong, Tari Kecak, Balet, dan juga pertunjukan musik tradisional Bali.

Pura Ulun Danu Beratan - Bedugul

Lokasi Pura Ulun Danu Beratan berada di pinggir jalan raya yang menghubungkan wilayah Kabupaten Tabanan dengan Kabupaten Buleleng. Terletak di Jalan Raya Candi Kuning – Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan.

Pura Ulun Danu Beratan Bedugul, pura yang sangat unik karena lokasi dari pura berada di tengah danau.
Saat ini banyak wisatawan menyebut danau Bedugul yang mana nama aslinya bukan danau Bedugul, melainkan danau Beratan / Bratan. Namun karena masuk wilayah kawasan objek wisata Bedugul, maka banyak wisatawan lebih familiar menyebut nama danau Beratan / Bratan dengan nama danau Bedugul.

Pura Ulun Danau Beratan, bangunan puranya sangat mencirikan khas Bali. Yaitu bangunan pura yang memiliki atap bertingkat, menara dengan atap 11 tingkat, 7 tingkat, dan 3 tingkat. Menara tersebut dianggap sebagai simbol kepercayaan umat Hindu di Bali, terhadap tiga dewa, yakni:
- Dewa Wisnu (11 tingkat),
- Dewa Brahma (7 tingkat),
- Dewa Siwa (3 tingkat).

Danau Bratan Bedugul lokasinya berada pada ketinggian sekitar 1.239 meter di atas permukaan air laut, maka udara sejuk pegunungan akan terasa saat anda mengunjungi tempat wisata ini.

Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot di bangun pada abad ke 15 Masehi. Awalnya ada seorang suci penyebar Agama Hindu Siwa yang datang dari tanah Jawa bernama Dang Hyang Nirartha. Beliau datang ke Bali bertujuan untuk memperkuat dan menyebarkan ajaran Hindu Siwa. Kedatangan beliau disambut baik oleh Raja Waturenggong. Saat melakukan perjalan, beliau melihat sinar dari arah pinggir laut dan memutuskan untuk mencari sumber cahaya itu. Sesampainya disana tepatnya di sesa desa Beraban Tabanan, beliau bersemedi.
Akan tetapi kedatangannya di tempat itu tidak dikehendaki oleh seorang pemimpin desa/Bendesa setempat. Karena Bendesa dan sebagian warga desa dulunya adalah penganut aliran monotheisme.. Orang-orang desa berusaha mengusir Dang Hyang Nirartha dari tempatnya bersemedi. Untuk menghindari gangguan warga desa, Dang Hyang Nirartha mengangkat batu tempatnya bersemedi kemudian meletakkannya di tengah laut.
Melihat hal tersebut, Bendesa dan semua warga tercengang dan mempercayai apa yang di sampaikan Dang Hyang Nirartha, kemudian semua warga di desa tersebut memeluk Agama Hindu Siwa. Setelah berhasil membujuk warga desa untuk memeluk Hindu Siwa kemudian Dang Hyang Nirartha meminta masyarakat setempat membangun sebuah Pura untuk pemujaan para Dewa. Pura itu dikenal sampai sekarang bernama Pura Tanah Lot yang artinya adalah batukarang yang berada di tengah lautan.

Karena Pura ini berada agak ke tengah laut di saat air laut sedang surut maka anda harus turun ke bawah untuk melihat keindahannya dari dekat.
Untuk para wisatawan tidak diperkenankan untuk memasuki area Pura tetapi ada sebuah atraksi menarik yang berada di bawah sana, seperti sebuah goa dengan ribuan ular di dalamnya. ular-ular tersebut adalah ular laut yang sangat berbisa, namun anda bisa memegang ular-ular tersebut tanpa takut di gigit karena ular tersebut sangat jinak.

Jika anda berencana untuk berwisata lebih lama di Pura Tanah Lot maka saya sarankan anda untuk datang lebih siang sekitar pukul 2 atau 3. karena setelah anda menikmati pesona Pura ini dari dekat anda bisa naik ke atas tebing-tebing di sekitar Pura Tanah Lot. diatas tebing berjejer warung berbentuk cafe untuk anda bisa bersantai yang dilindungi payung menikmati hidangan atau minuman sambil menunggu kala sunset karena sunset di pura tanah lot sangat spektakuler.

Pura Batu Bolong di Pura Tanah Lot.

Terdapat juga sebuah Pura yang berada di atas tebing di mata sisi bawah tebing tersebut yang berlubang sehingga di namai Pura Batu Bolong. Posisi Pura Batu Bolong berada sekitar 400 meter ke arah barat dari Pura Tanah Lot. Aksesnyapun sudah dibangun sedemikian rupa jadi anda tinggal jalan sebentar untuk sampai di Pura ini.

Lokasi Pura Tanah Lot berada di Jalan Tanah-Lot, Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Jaraknya sekitar 13 km ke arah barat kota Tabanan. Dari bandara udara Ngurah Rai, menuju lokasi pura Tanah Lot dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam 20 menit.

Pura Uluwatu

Pura Uluwatu bernama lengkap Pura Sad Kayangan Uluwatu yang di bangun oleh Empu Kuturan pada abad ke 11. Beliau membangun Pura Uluwatu selain sebagai tempat pemujaan para Dewa dalam kepercaan Hindu di Bali juga sebagai “Benteng Pelindung” 9 Arah Mata Angin di pulau Bali.

Ini juga menegaskan dari nama “Sad Kayangan”, karena sebagai “benteng pelindung” 9 arah mata angin maka jumlah Pura di Bali yang memiliki status yang sama ada 9 dan Pura Uluwatu adalah salah satu di antaranya, sebagian besar Pura Sad Kayangan berada di bibir pantai dan satu berada tepat di tengah pulau Bali.

Pura Uluwatu karena berstatus “sad kayangan” maka menjadi pura yang sangat penting bagi masyarakat Hindu di Bali dan orang Hindu walau tidak ada peraturan tertulis adalah sebuah kewajiban untuk datang sekali seumur hidup di Pura Pura Sad Kayangan untuk beribadah.

Daya tarik wisata di Pura Uluwatu antara lain; lebih mengenal tentang sejarah Bali pada khususnya. Menyusuri pinggiran tebing yang sangat memukau.
Catatan:Pura Uluwatu dibangun tepat diatas tebing yang langsung ke laut dengan ketinggian hampir 100 meter. jalur tebing ini bisa anda telusuri untuk bisa melihat sudut yang mana anda sukai untuk melihat Pura Uluwatu dengan keindahannya.
Pinggir tebing di pura ini sudah dipagari dengan tembok jadi cukup relatif aman bagi anda jika ingin berkeliling, namun pada beberapa titik tembok pembatas tebing memiliki gerbang yang bisa anda masuki untuk melihat bawah tebing tanpa pembatas, dan tentu saja hal ini tidak kami sarankan karena sangat berbahaya sekali mengingat ketinggian tebing yang sangat tinggi.

Aktifitas lain yang bisa anda dapatkan bercengkrama dengan monyet liar & Menonton pertunjukan tari kecak sambil melihat mathari terbenam (sunset).

Lokasi pura Luhur Uluwatu tepatnya berada di desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Jarak yang ditempuh dari Bandara Ngurah Rai menuju lokasi pura Luhur Uluwatu Bali, sekitar 1 jam ke arah selatan dengan kendaraan pribadi.

Kintamani - Pesona Alam Pegunungan

Kawasan pariwisata Kintamani lokasinya berada di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Perjalanan menuju objek wisata Kintamani dari kota Denpasar, berjarak sekitar 79,9 kilometer dari Bandara Udara Ngurah Rai. Jika ditempuh dengan menggunakan kendaraan memakan waktu kurang lebih 2 jam.

Objek wisata Kintamani memiliki pemandangan perbukitan dengan udara segar, serta suhu udara berkisar 21 derajat celcius di siang hari. Suhu udara hampir sama seperti suhu udara di daerah tempat wisata Bedugul. Daya tarik dari kawasan objek wisata Kintamani adalah pemandangan Gunung Batur dan pemandangan Danau Batur.

Danau Batur lokasinya berada di lereng Gunung Batur. Danau berbentuk bulan sabit jika di lihat dari ketinggian, selain itu danau Batur juga disebut sebagai kaldera terindah di dunia oleh sebagian besar wisatawan asing. Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Kintamani memilih melihat pemandangan danau Batur dari restoran yang berada di desa Penelokan. Namun ada juga wisatawan yang ingin berkeliling di tengah danau Batur dengan menyewa perahu.
Sedangkan Gunung Batur salah satu gunung berapi di pulau Bali yang masih aktif. Gunung Batur juga merupakan gunung kedua yang paling tinggi, setelah gunung Agung yang lokasinya berada di daerah objek wisata Besakih.

Desa Penelokan salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan saat liburan ke Kintamani. Penyebabnya karena di desa Penelokan udaranya sejuk, serta terdapat banyak restoran buffet dengan akses langsung untuk melihat pemandangan gunung Batur dan danau Batur dari ketinggian.

Jika anda mengkhususkan liburan satu hari ke kawasan Kintamani, maka anda akan dapat menikmanti juga pemandian air panas yang berada di tepi Danau Batur. Menurut cerita permandian air panas tersebut dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Sumber pemandian air panas Toya Bungkah/Toya Devasya Kintamani berasal dari mata air dekat dengan Gunung Batur. Selain itu Perjalanan wisata di Kintamani juga dapat dilanjutkan ke arah utara menuju sebuah pura, yaitu Pura Ulun Danu Batur.

Monkey Forest - Ubud

Monkey forest masuk dalam salah satu tempat wisata di Ubud yang wajib dikunjungi, karena sangat ikonik dan mewakili kesan akan objek wisata Ubud secara keseluruhan. Objek wisata monkey forest Ubud merupakan kawasan hutan lindung dan di dalam hutan ini, terdapat pura sakral umat Hindu Bali, bernama Pura Dalem Agung Padangtegal. Nama asli objek wisata monkey forest Ubud adalah Mandala Wisata Wenara Wana, tapi lebih dikenal dengan nama Sacred Monkey Forest Sanctuary.

Lokasi objek wisata monkey forest Ubud Bali, berada di Jalan Monkey Forest Ubud, kabupaten Gianyar – Bali. Dari bandara Ngurah Rai menuju Ubud monkey forest, maka akan memerlukan waktu kurang lebih 1 jam, 15 menit, dengan jarak sekitar 36 kilometer.

Jam buka dari tempat wisata monkey forest di Ubud, dari jam 08:30 – 18:00 waktu Bali. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Sacred Monkey Forest Sanctuary adalah pada jam 14:00. Karena hampir sebagian besar dari kera sudah kenyang, mendapatkan makanan dari pengunjung sebelumnya. Hal ini membuat sifat agresif kera sedikit berkurang. Di dalam objek wisata monkey forest di Ubud, banyak sekali terdapat petugas yang mengawasi perilaku kera demi kenyamanan dan keamanan pegunjung.

Beberapa tips yang sebaiknya anda lakukan jika mengunjungi tempat wisata Monkey Forest:
- Taruh barang berharga anda di dalam tas, seperti anting-anting, selendang, kacamata ataupun handphone. Jika ingin berfoto, selalu pegang erat kamera. Barang-barang tersebut akan menarik minat dari kera-kera untuk mengambilnya.
- Berjalan di jalan yang sudah disediakan, jangan berjalan melewati areal dari yang sudah disediakan. Hal ini akan membuat kera-kera agresif, karena kera-kera mengira anda memasuki kawasan teritorial mereka.
- Jangan memukul atau menyakiti kera-kera, hal ini akan membuat kera-kera yang lain akan menyerang anda.

Pesona Sawah - Tegalalang

Jika anda masih di seputaran wisata Ubud, selain monkey forrest, tempat favorit wisatawan adalah wisata ke Desa Tegalalang, untuk melihat pemandangan sawah terasering, lokasinya terletak di sebelah utara Ubud.

Di sepanjang jalan di desa Tegalalang Ubud, terdapat banyak restoran yang menawarkan hidangan sekaligus melihat pemandangan sawah terasering Ubud.
Pemandangan sawah terasering Ubud tidak seluas seperti sawah yang berada yang di Jatiluwih kabupaten Tabanan. Tetapi di Tegalalang, menawarkan pemandangan tersering yang unik, karena lerengnya sangat miring. Untuk dapat menikmati pemandangan sawah terasering dengan nyaman. Anda hanya perlu membeli makanan atau minuman di salah satu restaurant yang menghadap ke pemandangan terasering Ubud.

Pulau Bali, banyak memiliki areal persawahan, tapi tidak semua daerah di Bali, memiliki sawah terasering. Beberapa tempat di Bali yang memiliki pemandangan sawah terasering diantaranya yaitu Jatiluwih di Kabupaten Tabanan, Antosari (pantai Soka), Busung Biu Buleleng, Rambusiwi di Kabupaten Jembrana, Tirta Gangga Karangasem dan Tegalalang Ubud sendiri.

Pasar Seni Sukawati

Lokasi pasar seni Sukawati terdapat di di jalan raya Sukawati, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar.. Jarak dari bandara I Gusti Ngurah Rai sekitar tiga puluh kilometer, yang dapat anda tempuh dengan kendaraan kurang lebih 45 menit.

Wisatawan khusunya wisatawan domestik menyempatkan diri berkunjung ke pasar Sukawati karena menjual pakaian dan kerajinan traditional khas Bali dengan harga yang sangat murah. Pakaian seperti Batik yang berciri khas Batik ornamen Bali.

Semua harga yang ditawarkan disini, dapat anda tawar. Sebagai gambaran untuk anda, harga pas di pasar Pasar Seni Sukawati adalah sepertiga dari harga yang ditawarkan oleh penjual. Jadi tergantung pada pembeli untuk pandai menawar.

Selain pakaian dan Batik, di pasar traditional ini juga terdapat lukisan yang dapat anda beli. Aliran lukisan yang dijual seperti naturalis dan abstrak. Harga yang ditawarkan juga beranekaragam dan biasanya di pasar Pasar Seni Sukawati, harga ditentukan oleh ukuran lukisan.